Profil Dinas

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

Pemerintah Kabupaten Sigi mengamanatkan bahwa perencanaan Pembangunan Kabupaten Sigi harus disusun secara komprehensif sebagai bagian dari sistem Perencanaan Nasional dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan memperhatikan nilai-nilai sosial budaya, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta adil dan merata. Perencanaan pembangunan Kabupaten Sigi juga harus disusun untuk menjamin konsistensi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan. Demikian pula dengan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kabupaten Sigi, dalam pelaksanaannya juga harus memperhatikan nilai-nilai yang dianut oleh Pemerintah Kabupaten Sigi.

Aspek yuridis formal dalam pelaksanaan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Undang-undang Nomor 7 Tahun 1984 tentang Pengesahan Konvensi mengenai Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (Convention on the Elimination of All Forms of Discrimination Against Women/CEDAW), Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Undang-Undang Nomor 23 tahun 2002 sebagaimana telah di ubah dengan Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang nomor 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga, Inpres No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional.

Tujuan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Sigi adalah untuk meningkatkan status, posisi dan kondisi perempuan agar dapat mencapai kemajuan yang setara dengan laki-laki dan membangun anak yang sehat, cerdas, ceria, bertaqwa serta terlindungi. Pencapaian tujuan Pembangunan Pemberdayaan Perempuan tersebut, antara lain ditandai dengan terintegrasinya kebijakan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada semua kebijakan program dan kegiatan pembangunan. Terwujudnya Kabupaten Sigi yang responsif gender dan peduli anak serta berperannya Lembaga Masyarakat dalam Pemberdayaan Perempuan dan peningkatan kesejahteraan dan perlindungan anak. Pencapaian tujuan tersebut masih terus diupayakan secara bertahap agar kesetaraan dan keadilan antara laki-laki dan perempuan serta kesejahteraan dan perlindungan anak dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berlandaskan nilai-nilai yang ada di Kabupaten Sigi.

Upaya untuk membangun anak menjadi SDM yang berkualitas juga sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Dasar 1945, Konvensi Hak Anak (KHA) atau Convention on The Right Of Children (CRC) yang merupakan salah satu instrumen internasional yang telah diratifikasi oleh Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 dan Undang- Undang Nomor 23 Tahun 2002 sebagaimana telah di ubah dengan Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak yang mengamanatkan bahwa Penjaminan dan Pemenuhan Hak – Hak Anak menjadi tanggung jawab bersama orang tua, masyarakat, dan negara.

Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga sangat terkait dengan peningkatan kualitas generasi penerus bangsa, karena perempuan adalah pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya dalam keluarga, melalui kerjasama dengan suami sebagai mitra sejajar, dalam upaya mewujudkan anak dengan tumbuh kembang yang berkualitas serta menanamkan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan gender sejak anak berusia dini sesuai dengan nilai-niai Kabupaten Sigi.

JUMLAH PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DAN TENAGA KONTRAK (NON ASN) DINAS PP DAN PA KABUPATEN SIGI

NO

NAMA

JUMLAH PEGAWAI

1

KEPALA DINAS

1

2

SEKRETARIS

1

3

PERENCANAAN KEUANGAN DAN ASET

3

4

SEKRETARIAT

3

5

BIDANG PHP, PKA DAN PHA

5

6

BIDANG KHP DAN KK

5

7

TENAGA KONTRAK

24

 

JUMLAH

42

 

 

Hubungi Kami

Jalan Karajalembah Nomor 05 Lrg. Sambori, Kalukubula , Sulawesi Tengah

e-mail : [email protected]

Statistik Pengunjung
006398
Hari Ini
Kemarin
Minggu ini
Bulan Ini
Seluruhnya
21
35
116
116
6398
IP Anda: 34.204.180.223
2021-08-04 03:55